orang berdiri di kegelapan malam penuh bintang

Menghilangkan Rasa Kesedihan dan Kecewa

Penenang Hati

Sering sekali kita merasa kecewa kepada orang lain, karena orang yang kita percayai tersebut melakukan hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita, lalu bagaimana cara menghilangkan rasa kesedihan dan kecewa ?

Cara Menghilangkan Rasa Sedih dan Kecewa

Untuk Menghilangkan rasa kesedihan dan kecewa…. caranya ialah…. Berhentilah meminta dan memohon kepada orang lain (yang nyata adalah hanya mahluk) untuk sesuatu yang hanya Allah bisa memberikannya kepadamu (Rezeki, Jodoh, Ketenangan… dan lain-lain). Mintalah kepada Penciptamu dan Pemberi mu, Kamu tidak akan mungkin di kecewakan.”

“Jangan mengira bahwa dirimu tidak bisa menghilangkan rasa kesedihan yang menyakitkanmu, jangan lupa bahwa Allah dapat menghilangkan itu dan bahkan lebih dari itu (menghilangkan rasa sedih juga bahkan memberikan rasa tenang dan kebahagiaan). Dia akan membuat mu semakin kuat dari apa apa yang telah kamu alami dan lalui dalam hidup”

minta hanya kepada Allah-

#muftimenk

ayat QS 65:3 : 

“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.”

Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya.

Jika Alloh Swt menjadi fokus kita, maka niscaya akan tenang hati kita. Mengapa ada orang yang ketika merasa disakiti oleh orang lain, kemudian dia tenggelam dalam rasa kecewa, sakit hati dan dendam berkepanjangan? Kemudian, ia pun tersiksa oleh perasaannya itu. Mengapa demikian? Karena dia hanya fokus kepada mahluk, kepada manusia yang telah menyakitinya itu.

Lain halnya jika orang itu kemudian fokus kepada Alloh semata, Dzat yang Maka Kuasa atas segala sesuatu, maka niscaya akan terobati rasa sakit hatinya. Hidupnya akan menjadi tenang dan tenteram kembali. Karena ia yakin segala sesuatu terjadi atas izin-Nya, dan tidak ada kejadian di alam raya ini yang terjadi secara sia-sia, pasti ada kebaikan yang terkadung di dalamnya.

Ingat rezeki, segera fokus kepada Alloh yang menggenggam rezeki. Ingat ke anak, segera fokus kepada Alloh yang telah menitipkannya kepada kita. Ingat ujian sekolah segera fokus kepada Alloh yang telah mengkarunia akal pikiran. Ada yang memfitnah, segera fokus kepada Alloh Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang benar dan apa yang salah. Punya hutang, segera fokus kepada Alloh Yang Maha Kaya.

Apa Fokus Mu ?

Jika yang menjadi fokus kita hanya Alloh, maka Insya Alloh, Dia akan membimbing kita dalam setiap aktifitas kita. Sehingga setiap yang kita lakukan bisa mencapai tingkat yang maksimal. Fokus kepada Alloh akan menghadirkan semangat yang luar biasa di dalam hati kita. Seperti para mujahidin di medan jihad, ketika hanya Alloh yang menjadi fokus tujuan mereka, maka mereka akan melakoni jihad tersebut dengan semangat bergelora tanpa ada rasa takut terhadap makhluk sedikit pun.

Betapa penting untuk fokus hanya kepada Alloh Swt, semata. Agar kita semakin semangat melihat diri untuk lurus dalam niat, fokus hanya mengharap ridho Alloh, bukan yang selain-Nya. Dan, meraih prestasi terbaik di dunia dan akhirat.

#smstauhiid